Kata Kerja Operasional

 

Tabel 1. Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional

 

No

Klasifikasi Tingkat Kompetensi

Kata Kerja Operasional yang Digunakan

1

Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

 

  1. Mendeskripsikan (describe)
  2. Menyebutkan kembali (recall)
  3. Melengkapi  (complete)
  4. Mendaftar (list)
  5. Mendefinisikan (define)
  6. Menghitung (count)
  7. Mengidentifikasi (identify)
  8. Menceritakan (recite)
  9. Menamai (name)

2

Memproses (processing)

 

  1. Mensintesis (synthesize)
  2. Mengelompokkan (group)
  3. Menjelaskan (explain)
  4. Mengorganisasikan (organize)
  5. Meneliti/melakukan eksperimen (experiment)
  6. Menganalogikan (make analogies)
  7. Mengurutkan (sequence)
  8. Mengkategorikan (categorize)
  9. Menganalisis (analyze)
  10. Membandingkan (compare)
  11. Mengklasifikasi (classify)
  12. Menghubungkan (relate)
  13. Membedakan (distinguish)
  14. Mengungkapkan sebab (state causality)

 

 

 

 

3

Menerapkan dan mengevaluasi

 

  1. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle)
  2. Membuat model (model building)
  3. Mengevaluasi (evaluating)
  4. Merencanakan (planning)
  5. Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating)
  6. Memprediksi (predicting)
  7. Menduga/Mengemukakan pendapat/ mengambil kesimpulan (inferring)
  8. Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting)
  9. Menggeneralisasikan (generalizing)
  10. Mempertimbangkan /memikirkan kemungkinan-kemungkinan (speculating)
  11. Membayangkan /mengkhayalkan/ mengimajinasikan (Imagining)
  12. Merancang (designing)
  13. Menciptakan (creating)
  14. Menduga/membuat dugaan/ kesimpulan awal (hypothezing)

 

 

 

 

 

Tabel 2 : Kata Kerja Ranah Kognitif

Pengetahuan

Pemahaman

Penerapan

Analisis

Sintesis

Penilaian

Mengutip

Menyebutkan

Menjelaskan

Menggambar

Membilang

Mengidentifikasi

Mendaftar

Menunjukkan

Memberi label

Memberi indeks

Memasangkan

Menamai

Menandai

Membaca

Menyadari

Menghafal

Meniru

Mencatat

Mengulang

Mereproduksi

Meninjau

Memilih

Menyatakan

Mempelajari

Mentabulasi

Memberi kode

Menelusuri

Menulis

Memperkirakan

Menjelaskan

Mengkategorikan

Mencirikan

Merinci

Mengasosiasikan

Membandingkan

Menghitung

Mengkontraskan

Mengubah

Mempertahankan

Menguraikan

Menjalin

Membedakan

Mendiskusikan

Menggali

Mencontohkan

Menerangkan

Mengemukakan

Mempolakan

Memperluas

Menyimpulkan

Meramalkan

Merangkum

Menjabarkan

 

Menugaskan

Mengurutkan

Menentukan

Menerapkan

Menyesuaikan

Mengkalkulasi

Memodifikasi

Mengklasifikasi

Menghitung

Membangun

Membiasakan

Mencegah

Menentukan

Menggambarkan

Menggunakan

Menilai

Melatih

Menggali

Mengemukakan

Mengadaptasi

Menyelidiki

Mengoperasikan

Mempersoalkan

Mengkonsepkan

Melaksanakan

Meramalkan

Memproduksi

Memproses

Mengaitkan

Menyusun

Mensimulasikan

Memecahkan

Melakukan

Mentabulasi

Memproses

Meramalkan

Menganalisis

Mengaudit

Memecahkan

Menegaskan

Mendeteksi

Mendiagnosis

Menyeleksi

Merinci

Menominasikan

Mendiagramkan

Megkorelasikan

Merasionalkan

Menguji

Mencerahkan

Menjelajah

Membagankan

Menyimpulkan

Menemukan

Menelaah

Memaksimalkan

Memerintahkan

Mengedit

Mengaitkan

Memilih

Mengukur

Melatih

Mentransfer

Mengabstraksi

Mengatur

Menganimasi

Mengumpulkan

Mengkategorikan

Mengkode

Mengombinasikan

Menyusun

Mengarang

Membangun

Menanggulangi

Menghubungkan

Menciptakan

Mengkreasikan

Mengoreksi

Merancang

Merencanakan

Mendikte

Meningkatkan

Memperjelas

Memfasilitasi

Membentuk

Merumuskan

Menggeneralisasi

Menggabungkan

Memadukan

Membatas

Mereparasi

Menampilkan

Menyiapkan Memproduksi

Merangkum

Merekonstruksi

 

Membandingkan

Menyimpulkan

Menilai

Mengarahkan

Mengkritik

Menimbang

Memutuskan

Memisahkan

Memprediksi

Memperjelas

Menugaskan

Menafsirkan

Mempertahankan

Memerinci

Mengukur

Merangkum

Membuktikan

Memvalidasi

Mengetes

Mendukung

Memilih

Memproyeksikan

 

 

 

Tabel 3. Kata Kerja Ranah Afektif

Menerima

Menanggapi

Menilai

Mengelola

Menghayati

Memilih

Mempertanyakan

Mengikuti

Memberi

Menganut

Mematuhi

Meminati

 

Menjawab

Membantu

Mengajukan

Mengompromikan

Menyenangi

Menyambut

Mendukung

Menyetujui

Menampilkan

Melaporkan

Memilih

Mengatakan

Memilah

Menolak

Mengasumsikan

Meyakini

Melengkapi

Meyakinkan

Memperjelas

Memprakarsai

Mengimani

Mengundang

Menggabungkan

Mengusulkan

Menekankan

Menyumbang

Menganut

Mengubah

Menata

Mengklasifikasikan

Mengombinasikan

Mempertahankan

Membangun

Membentuk pendapat

Memadukan

Mengelola

Menegosiasi

Merembuk

Mengubah perilaku

Berakhlak mulia

Mempengaruhi

Mendengarkan

Mengkualifikasi

Melayani

Menunjukkan

Membuktikan

Memecahkan

Tabel 4. Kata Kerja Ranah Psikomotorik

Menirukan

Memanipulasi

Pengalamiahan

Artikulasi

Mengaktifkan

Menyesuaikan

Menggabungkan

Melamar

Mengatur

Mengumpulkan

Menimbang

Memperkecil

Membangun

Mengubah

Membersihkan

Memposisikan

Mengonstruksi

Mengoreksi

Mendemonstrasikan

Merancang

Memilah

Melatih

Memperbaiki

Mengidentifikasikan

Mengisi

Menempatkan

Membuat

Memanipulasi

Mereparasi

Mencampur

Mengalihkan

Menggantikan

Memutar

Mengirim

Memindahkan

Mendorong

Menarik

Memproduksi

Mencampur

Mengoperasikan

Mengemas

Membungkus

 

Mengalihkan

Mempertajam

Membentuk

Memadankan

Menggunakan

Memulai

Menyetir

Menjeniskan

Menempel

Menseketsa

Melonggarkan

Menimbang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. B.   Menganalisis Karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah

 

Pengembangan indikator mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran, peserta didik, dan sekolah karena indikator menjadi acuan dalam penilaian. Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005, karakteristik penilaian kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut.

 

Kelompok Mata Pelajaran

Mata Pelajaran

Aspek yang Dinilai

Agama dan Akhlak Mulia

Pendidikan Agama

Afektif dan Kognitif

Kewarganegaraan dan Kepribadian

Pendidikan Kewarganegaraan

Afektif dan Kognitif

Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Penjas Orkes

Psikomotorik, Afektif, dan Kognitif

Estetika

Seni Budaya

Afektif dan Psikomotorik

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Matematika, IPA, IPS

Bahasa, dan TIK.

Afektif, Kognitif,  dan/atau Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran

 

Contoh Kata Kerja Operasional

Sesuai dengan Karakteristik Matapelajaran

 

Berhubungan dengan Prilaku Sosial

 

  • § Menerima (accept)
  • § Mengakui/menerima sesuatu (admit)
  • § Menyetujui (agree)
  • § Membantu (aid)
  • § Membolehkan/menyediakan/memberikan (allow)
  • § Menjawab (answer)
  • § Menjawab/mengemukakan pendapat dengan alasan-alasan (argue)
  • § Mengkomunikasikan (communicate)
  • § Memberi pujian/mengucapkan selamat (compliment)
  • § Menyumbang (contribute)
  • § Bekerjasama (cooperate)
  • § Berdansa (dance)
  • § Menolak /menidaksetujui (disagree)
  • § Mendiskusikan (discuss)
  • § Memaafkan (excuse)
  • § Memaafkan (forgive)
  • § Menyambut/menyalami (greet)
  • § Menolong/membantu (help)
  • § Berinteraksi/melakukan interaksi (interact)
  • § Mengundang (invite)
  • § Menggabung (joint)
  • § Menertawakan (laugh)
  • § Menemukan (meet)
  • § Berperanserta (participate)
  • § Mengizinkan/membolehkan (permit)
  • § Memuji-muji (praise)
  • § Bereaksi (react)
  • § Menjawab/menyahut (reply)
  • § Tersenyum (smile)
  • § Berbicara (talk)
  • § Berterimakasih (thank)
  • § Berkunjung (visit)      
  • § Bersukarela (volunteer)


 

Berhubungan dengan Kompetensi Berpikir tingkat Tinggi

(complex, logical, judgmental behaviors)

 

  • § Menganalisis (analyze)
  • § Menghargai (appraise)
  • § Menilai (assess)
  • § Mengkombinasikan (combine)
  • § Membandingkan (compare)
  • § Menyimpulkan (conclude)
  • § Mengkontraskan (contrast)
  • § Mengkritik (critize)
  • § Menarik kesimpulan (deduce)
  • § Membela/mempertahankan (defend)
  • § Menunjukkan / menandakan (designate)
  • § Menentukan (determine)
  • § Mencari /menjelajah (discover)
  • § Mengevaluasi (evaluate)
  • § Merumuskan (formulate)
  • § Membangkitkan/menghasilkan/menyebabkan (generate)
  • § Membujuk/menyebabkan (induce)
  • § Menduga/Mengemukan pendapat/mengambil kesimpulan (infer)
  • § Merencanakan (plan)
  • § Menyusun (structure)
  • § Menggantikan (substitute)
  • § Menyarankan (suggest)
  • § Memilih (choose)
  • § Mengumpulkan (collect)
  • § Mendefinisikan (define)
  • § Menjelaskan sesuatu (describe)
  • § Mendeteksi (detect)
  • § Membedakan antara 2 macam (differentiate)
  • § Membedakan/Memilih-milih (discriminate)
  • § Membedakan sesuatu (distinguish)
  • § Mengidentifikasi (identify)
  • § Mengindikasi (indicate)
  • § Mengisolasi (isolate)
  • § Mendaftarkan (list)
  • § Memadukan (match)
  • § Meniadakan (omit)
  • § Mengurutkan (order)
  • § Mengambil (pick)
  • § Menempatkan (place)
  • § Menunjuk (point)
  • § Memilih (select)
  • § Memisahkan (separate)


 

Berhubungan dengan Kompetensi Musik (seni)

 

  • § Meniup (blow)
  • § Menundukkan kepala (bow)
  • § Bertepuk (clap)
  • § Menggubah /menyusun (compose)
  • § Menyentuh (finger)
  • § Memadankan/berpadanan (harmonize)
  • § Menyanyi kecil/bersenandung (hum)
  • § Membisu (mute)
  • § Memainkan (play)
  • § Memetik (misal gitar) (pluck)
  • § Mempraktikkan (practice)
  • § Menyanyikan (sing)
  • § Memetik/mengetuk-ngetuk (strum)
  • § Mengetuk (tap)
  • § Bersiul (whistle)


Berhubungan dengan Kompetensi Berbahasa

 

  • § Menyingkat/memendekkan (abbreviate)
  • § Memberi tekanan pada sesuatu /menekankan (accent)
  • § Mengabjad/menyusun menurut abjad (alphabetize)
  • § Mengartikulasikan/ mengucapkan kata-kata dengan jelas (articulate)
  • § Memanggil (call)
  • § Menulis dengan huruf besar (capitalize)
  • § Menyunting/mengedit (edit)
  • § Menghubungkan dengan garis penghubung (hyphenate)
  • § Memasukkan (beberapa spasi) /melekukkan (indent)
  • § Menguraikan/memperlihatkan garis bentuk/ menggambar denah atau peta (outline)
  • § Mencetak (print)
  • § Membaca (read)
  • § Mendeklamasikan/membawakan/mencerita-kan (recite)
  • § Mengatakan (say)
  • § Menandai (sign)
  • § Berbicara (speak)
  • § Mengeja (spell)
  • § Menyatakan (state)
  • § Menyimpulkan (summarize)
  • § Membagi atas suku-suku kata (syllabicate)
  • § Menceritakan (tell)
  • § Menerjemahkan (translate)
  • § Mengungkapkan dengan kata-kata (verbalize)
  • § Membisikkan (whisper)
  • § Mengucapkan/melafalkan/menyatakan (pronounce)
  • § Memberi atau membubuhkan tanda baca (punctuate)
  • § Menulis (write)


 

Berhubungan dengan Kompetensi Drama

 

  • § Berakting/berperilaku (act)
  • § Menjabat/mendekap/ menggengam (clasp)
  • § Menyeberang/melintasi/ berselisih (cross)
  • § Menunjukkan/mengatur/ menyutradarai (direct)
  • § Memajangkan (display)
  • § Memancarkan (emit)
  • § Memasukkan (enter)
  • § Mengeluarkan (i
  • § Mengekspresikan (express)
  • § Meniru (imitate)
  • § Meninggalkan (leave)
  • § Menggerakkan (move)
  • § Berpantomim/Meniru gerak tanpa suara (pantomime)
  • § Menyampaikan/menyuguhkan/ mengulurkan/melewati (pass)
  • § Memainkan/melakukan (perform)
  • § Meneruskan/memulai/beralih (proceed)
  • § Menanggapi/menjawab/ menyahut (respond)
  • § Memperlihatkan/Menunjukkan (show)
  • § Mendudukkan (sit)
  • § Membalik/memutar/mengarahkan/mengubah/ membelokkan (turn)


 

Berhubungan dengan Kompetensi Seni Lukis

 

  • § Memasang (assemble)
  • § Mencampur (blend)
  • § Menyisir/menyikat (brush)
  • § Membangun (build)
  • § Mengukir (carve)
  • § Mewarnai (color)
  • § Mengkonstruk/membangun(construct)
  • § Memotong (cut)
  • § Mengoles (dab)
  • § Menerangkan (dot)
  • § Menggambar (draw)
  • § Mengulang-ulang/melatih (drill)
  • § Melipat (fold)
  • § Membentuk (form)
  • § Menggetarkan/memasang (frame)
  • § Memalu (hammer)
  • § Menangani (handle)
  • § Menggambarkan (illustrate)
  • § Mencairkan (melt)
  • § Mencampur (mix)
  • § Memaku (nail)
  • § Mengecat (paint)
  • § Menepuk (pat)
  • § Menggosok (polish)
  • § Menuangkan (pour)
  • § Menekan (press)
  • § Menggulung (roll)
  • § Menggosok/ menyeka (rub)
  • § Menggergaji (saw)
  • § Memahat (sculpt)
  • § Menyampaikan/melempar (send)
  • § Mengocok (shake)
  • § Membuat sketsa (sketch)
  • § Menghaluskan (smooth)
  • § Mengecap/menunjukkan (stamp)
  • § Melengketkan (stick)
  • § Mengaduk (stir)
  • § Meniru/menjiplak (trace)
  • § Menghias/memangkas (trim)
  • § Merengas/memvernis (varnish)
  • § Melekatkan/menempelkan/merekatkan (paste)
  • § Menyeka/menghapuskan/ membersihkan (wipe)          
  • § Membungkus (wrap)


 


Berhubungan dengan Kompetensi Fisik (Jasmani)

 

  • § Melengkungkan (arch)
  • § Memukul (bat)
  • § Menekuk/melipat/ membengkokkan (bend)
  • § Mengangkat/membawa (carry)
  • § Menangkap (catch)
  • § Mengejar/memburu (chase)
  • § Memanjat (climb)
  • § Menghadap (face)
  • § Mengapung (float)
  • § Merebut/menangkap/ mengambil (grab)
  • § Merenggut/memegang/ menyambar/merebut (grasp)
  • § Memegang erat-erat (grip)
  • § Memukul/menabrak (hit)
  • § Melompat/meloncat (hop)
  • § Melompat (jump)
  • § Menendang (kick)
  • § Mengetuk (knock)
  • § Mengangkat/mencabut i
  • § Berbaris (march)
  • § Melempar/memasangkan/memancangkan/menggantungkan (pitch)
  • § Menarik (pull)
  • § Mendorong (push)
  • § Berlari (run)
  • § Mengocok (shake)
  • § Bermain ski (ski)
  • § Meloncat (skip)
  • § Berjungkirbalik (somersault)
  • § Berdiri (stand)
  • § Melangkah (step)
  • § Melonggarkan/merentangkan (stretch)
  • § Berenang (swim)
  • § Melempar (throw)
  • § Melambungkan/melontarkan (toss)
  • § Berjalan (walk)


 

Berhubungan dengan Perilaku Kreatif

 

  • § Mengubah (alter)
  • § Menanyakan (ask)
  • § Mengubah (change)
  • § Merancang (design)
  • § Menggeneralisasikan (generalize)
  • § Memodifikasi (modify)
  • § Menguraikan dengan kata-kata sendiri (paraphrase)
  • § Meramalkan (predict)
  • § Menanyakan (question)
  • § Menyusun kembali (rearrange)
  • § Mengkombinasikan kembali (recombine)
  • § Mengkonstruk kembali (reconstruct)
  • § Mengelompokkan kembali (regroup)
  • § Menamakan kembali (rename)
  • § Menyusun kembali (reorder)
  • § Mengorganisasikan kembali (reorganize)
  • § Mengungkapkan kembali (rephrase)
  • § Menyatakan kembali (restate)
  • § Menyusun kembali (restructure)
  • § Menceritakan kembali (retell)
  • § Menuliskan kembali (rewrite)
  • § Menyederhanakan (simplify)
  • § Mengsintesis (synthesize)
  • § Mengsistematiskan (systematize)


 

Berhubungan dengan Kompetensi Matematika

 

  • § Menambah (add)
  • § Membagi dua (bisect)
  • § Menghitung/mengkalkulasi (calculate)
  • § Mencek/meneliti (check)
  • § Membatasi (circumscribe)
  • § Menghitung/mengkomputasi (compute)
  • § Menghitung (count)
  • § Memperbanyak (cumulate)
  • § Mengambil dari (derive)
  • § Membagi (divide)
  • § Memperkirakan (estimate)
  • § Menyarikan/menyimpulkan  (extract)
  • § Memperhitungkan (extrapolate)
  • § Membuat grafik (graph)
  • § Mengelompokkan (group)
  • § Memadukan/mengintegrasikan (integrate)
  • § Menyisipkan/menambah (interpolate)
  • § Mengukur (measure)
  • § Mengalikan/memperbanyak (multiply)
  • § Menomorkan (number)
  • § Membuat peta (plot)
  • § Membuktikan (prove)
  • § Mengurangi (reduce)
  • § Memecahkan (solve)
  • § Mengkuadratkan(square)
  • § Mengurangi (substract)
  • § Menjumlahkan (sum)
  • § Mentabulasi (tabulate)
  • § Mentally (tally)
  • § Memverifikasi (verify)


 

Berhubungan dengan Kompetensi Sains

 

  • § Menjajarkan (align)
  • § Menerapkan (apply)
  • § Melampirkan (attach)
  • § Menyeimbangkan (balance)
  • § Mengkalibrasi (calibrate)
  • § Melaksanakan (conduct)
  • § Menghubungkan (connect)
  • § Mengganti (convert)
  • § Mengurangi (decrease)
  • § Mempertunjukkan/memperlihatkan (demonstrate)
  • § Membedah (dissect)
  • § Memberi makan (feed)
  • § Menumbuhkan (grow)
  • § Menambahkan/meningkatkan (increase)
  • § Memasukkan/menyelipkan (insert)
  • § Menyimpan (keep)
  • § Memanjangkan (lenghthen)
  • § Membatasi (limit)
  • § Memanipulasi (manipulate)
  • § Mengoperasikan (operate)
  • § Menanamkan (plant)
  • § Menyiapkan (prepare)
  • § Memindahkan(remove)
  • § Menempatkan kembali(replace)
  • § Melaporkan (report)
  • § Mengatur ulang (reset)
  • § Mengatur (set)
  • § Menentukan/menetapkan (specify)
  • § Meluruskan (straighten)
  • § Mengukur waktu (time)
  • § Mentransfer (transfer)
  • § Membebani/memberati (weight)


 


Berhubungan dengan Kompetensi Umum, Kesehatan, dan Keamanan

 

  • § Mengancingi (button)
  • § Membersihkan (clean)
  • § Menjelaskan (clear)
  • § Menutup (close)
  • § Menyikat/menyisir(comb)
  • § Mencakup (cover)
  • § Mengenakan/menyarungi (dress)
  • § Minum (drink)
  • § Makan (eat)
  • § Menghapus (eliminate)
  • § Mengosongkan (empty)
  • § Mengetatkan/melekatkan (fasten)
  • § Mengisi/memenuhi/melayani /membuat (fill)
  • § Melintas/berjalan (go)
  • § Mengikat tali/menyusuri (lace)
  • § Menumpuk/menimbun (stack)
  • § Menghentikan (stop)
  • § Merasakan (taste)
  • § Mengikat/membebat (tie)
  • § Tidak mengancingi (unbutton)
  • § Membuka/menanggalkan (uncover)
  • § Menyatukan (unite)
  • § Membuka (unzip)
  • § Menunggu (wait)
  • § Mencuci (wash)
  • § Memakai (wear)
  • § Menutup (zip)


 

About these ads

Tentang yogabudibhaktifisika

physics teacher
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s