Hidup adalah pembelajaran. Bertemu dengan orang baik di dunia nyata maupun dunia maya adalah perjalanan hidup yang harus saya lalui. Bertemu dengan orang yang memiliki karakter yang berbeda adalah sunatullah. Karena Allah tidak memperkenankan hambanya untuk hidup individualis, namun sosialis. Dan itulah sunatullah dan itulah hakikat kita hidup di dunia. Tidak hanya menjalankan ibadah sebagai misi utama diciptakannya kita, namun pula memiliki misi fungsional untuk menjaga bumi. Sehingga jangan dikira jika kita berupaya menciptakan hubungan baik dengan orang lain, itu merupakan amalan shaleh.

Perbuatan yang dikatakan amalan shaleh adalah amalan yang bisa memberikan kemaslahatan pada orang lain. Membantu orang dalam kebaikan sudah tentu merupakan amalan shaleh, apalagi jika kita bisa melakukan lebih dari itu. Membuang sampah pada tempatnya adalah amalan shaleh, karena dapat menghindarkan bencana bagi lingkungan. Belajar di kampus adalah amalan shaleh, karena dapat membantu majunya bangsa dan agama. Termasuk tersenyum di hadapan orang lain adalah amalan shaleh, karena dengan senyum kita dapat membuat orang lain pun senang melihat kita.

Yang paling utama dari semua amalan itu, kita dapat belajar dari apa yang telah mereka lakukan kepada kita. Kebaikan ataupun keburukan yang mereka tampakkan adalah pembelajaran yang harus kita ambil hikmahnya. Laiknya kita adalah selembar kertas kosong yang orang lain adalah pensil yang menggoreskan apapun di atas kehidupan kita. Adanya kalanya pensil tersebut menggoreskan tinta yang begitu pekat karena ia penuh dengan penekanan.Sebaliknya, ada goresan yang begitu tipis namun bermakna karena goresannya dilakukan dengan lepas, pun ada juga yang menggoreskannya dengan tipis dan asal-asalan.

Mungkin ada beberapa orang yang begitu terasa dekat dengan kita sampai apa yang mereka lakukan sangat membuat kita peka untuk merasakan kehadiran mereka di dekat kita. Membuat kita seolah menjadi mereka untuk memikirkan semua yang mereka hadapi. Membuat kita menjadi sosok solusi untuk mereka dengan masalah-masalahnya. Ada pula, orang yang hadir hanya lewat saja, pernah kenal dan bertemu namun tak berlanjut di masa depan. Banyaklah orang-orang yang hadir di dalam kehidupan kita dengan perbedaannya sikap kepada kita.

Namun sesungguhnya, ada satu pesan yang menjadi nasihat bagi diri saya sendiri bahwa jangalah kita melakukan kebaikan kepada orang lain karena orag lain itu baik kepada kita. Lakukanlah kebaikan dengan hanya mengingat bahwa Allahlah yang selalu mendampingin hamba-hambanya yang beramal shaleh.