Akreditasi: “Pengakuan Masyarakat atau Kelengkapan Berkas??”

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

akreditasi/ak·re·di·ta·si/ /akroniméditasi/ n 1 pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu; 2 pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya.

Sebagian kita pernah mengalami bahkan berperan dalam persiapan akreditasi sebuah lembaga atau institusi. Di mana hal yang paling menyibukkan adalah mempersiapkan dokumen yang mendukung untuk akreditasi. kebayang kan kalau dokumennya gak ada.

Ya kalau dokumennya gak ada, ya harus dibuat, yang gak ada menjadi ada dan diadakan agar lengkap dan hasil akreditasinya baik. Syarat Akreditas di negeri Paman Besut yang penting berkasnya lengkap. (Padahal asesor tau yang dikoreksi adalah data yang dibuat-buat / dokumen yang diadakan. Ironisnya mereka senang kalau yang dicari ada, padahal data itu fiktif).

Jika sistem administrasi dilembaga itu sudah sesuai jalannya, maka kita gak perlu repot buat dokumen palsu. tapi nilai yang akan diperoleh apa adanya (sulit membedakan kejujuran demi kebaikan atau kebohongan demi kebaikan).

Kalau kita belajar dari Negara Finlandia, negara yang kualitas pendidikan nomor 1 di dunia. Akreditasi sekolah yang baik adalah pengakuan dari masyarakat bukan kelengkapan dari dokumen (ya mungkin didukung dari kelengkapan dokumen juga).

kalau dinegara paman besut??? hanya berdaarkan standar dari pemerintah. Tapi, jarang dilaksanakan juga sih. bayangkan aja, ada sekolah punya lapangan luas, lab lengkap, fasilitas olahraga, sekolah negeri Akreditasinya B. Sedangkan sekolah yang di ruko, statusnya sewa gedung, Akreditasnya bisa A. Standar ganda yang diterapkan.

Berani Jujur Itu Baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s