Materi Dinamika Mata Kuliah Fisika Dasar

Mekanika klasik atau mekanika Newton adalah teori tentang gerak yang didasarkan pada konsep massa dan gaya dan hukum-hukum yang menghubungkan konsep-konsep fisis ini dengan besaran kinematika seperti perpindahan, kecepatan, dan percepatan , yang telah dibahas pada bab sebelumnya. Semua gejala alam dalam mekankika klasik dapat digambarkan dengan menggunakan hanya 3 hukum sederhana yang dinamakan hukum Newton tentang gerak. Hukum Newton menghubungkan percepatan sebuah benda dengan massanya dan gaya-gaya yang bekerja padanya. Pada bab ini kita akan mengkaji tiap hukum Newton secara rinci, dan kita akan mendefinisikan konsep gaya dan massa secara tepat. Kita akan melihat bagaimana hukum Newton dapat digunakan pada persoalan yang sedrhana dimana sebuah benda dipengaruhi oleh gaya-gaya yang besarnya konstan. Kita tidak akan membahas penerapan hukum Newton yang lebih umum.

Sebelum Galileo, pada umumnya dipikirkan bahwa gaya, seperti dorongan atau tarikan, diperlukan untuk mempertahankan benda agar terus bergerak dengan kecepatan konstan. Dalam pengalaman sehari-hari, jika sebuah buku didorong di atas sebuah meja kemudian dibiarkan, buku akan meluncur untuk beberapa saat kemudian berhenti. Galileo, dan kemudian Newton, mengakui bahwa dalam keadaan semacam itu buku itu tidak bebas dari gaya eksternal karena adanya gesekan. Jika kita memperluas permukaan meja, buku meluncur lebih jauh, dan berkurangnya kecepatan dalam suatu waktu tertentu lebih kecil. Jika kita topang buku itu pada bantalan udara yang tipis, buku akan meluncur untuk waktu dan jarak yang jauh dengan hampir tanpa perubahan nyata dalam kecepatannya.

Galileo mempelajari gerakan dengan melakukan eksperimen dimana ia menggelindingkan bola naik dan turun bidang-bidang miring. Ia menemukan, misalnya, bahwa jika bola digelindingkan menuruni bidang miring, kelajuannya bertambah dengan jumlah yang sama dalam waktu yang sama

Berikut materi kuliah fisika dasar dinamika. Silahkan unduh pada link dibawah ini.

Materi Kuliah Fisika Dasar Bagian Dinamika

Tinggalkan komentar